Rabu, 21 Mei 2014

Pengertian Lamun

Lamun (seagrasses) adalah satu-satunya kelompok tumbuhan berbunga yang terdapat di lingkungan laut.Tumbuh-tumbuhan ini hidup di perairan yang dangkal. Seperti halnya rumput di darat, mereka mempunyai tunas berdaun yang tegak dan tangkai-tangkai yang merayap yang efektif untuk berkembang biak.Be rbeda dengan tumbuhan laut lainnya (alga dan rumput laut), lamun berbunga, berbuah dan menghasilkan biji. Mereka juga mempunyai akar dan sistem internal untuk mengangkut gas dan zat-zat hara.
Secara umum, lamun di Indonesia dikelompokkan menjadi 7 zona sesuai dengan jenis lamunnya yaitu :
1.Cymodocea rotundata dan Cymodocea serrulata ; Terdapat di daerah intertidal, umumnya dijumpai di daerah intertidal didekat hutan mangrove.
2.Enhalus acoroides ; Tumbuh pada substrat berlumpur dan perairan keruh, dapat membentuk jenis tunggal atau bahkan mendominasi komunitas padang lamun.
3.Halopila pinifolia, H. decipiens, H. minor, H. Ovalis ; Pertumbuhannya cepat, dan merupakan jenis pionir. Umum dijumpai pada substrat berlumpur, dapat merupakan      jenis yang dominan di daerah intertidal dan mampu tumbuh sampai kedalaman 25 meter.
4.Halodule univervis dan Halodule spinulosa ; Membentuk padang lamun jenis tunggal pada rataan terumbu karang yang sudah rusak.
5.Syringodinium isoetifolium ; Umum di jumpai didaaerah subtidal dangkal dan berlumpur.
6.Thalassia hemprichii ; Paling banyak di jumpai, biasa tumbuh dengan jenis lain dan dapat tumbuh hingga kedalaman 25 meter, sering di jumpai pada substrat berpasir.
7.Thalassodendron ciliatum ; Sering mendominasi daerah subtidal dan berasosiasi dengan terumbu karang.        
Manfaat lamun :
1.Sebagai produsen primer
  Lamun mempunyai tingkat produktifitas primer tertinggi bila dibandingkan dengan ekosistem lainnya yang       ada di laut dangkal seperti ekosistem terumbu karang.
2.Sebagai habitat biota
  Lamun memberikan tempat perlindungan dan tempat menempel berbagai hewan dan tumbuh-tumbuhan  (alga). Disamping itu, padang lamun (seagrass beds) dapat  juga sebagai   daerah  asuhan, padang  pengembalaan dan makan dari berbagai  jenis ikan herbivora dan  karang.
3.Sebagai penangkap sedimen
  Daun lamun yang  lebat akan memperlambat air yang disebabkan oleh arus dan ombak, sehingga perairan  di sekitarnya menjadi tenang. Rimpang dan akar lamun dapat   menahan  dan mengikat sedimen, sehingga  dapat menguatkan  dan menstabilkan dasar permukaaan.
4.Sebagai pendaur zat hara
  Lamun memegang peranan penting dalam pendauran barbagai zat hara dan elemen-elemen yang langka di     lingkungan laut. Khususnya zat-zat hara yang dibutuhkan oleh algae   epifit.
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar