Kamis, 22 Mei 2014

Ecinodermata di Pulau Barrang Lompo

Echinodermata adalah merupakan filum hewan yang kulitnya berduri, adapun sampel yang di temukan di pulau Barrang Lompo yaitu :
1. Ophiotrix sp untuk kelas Ophiuroidea dan spesies tersebar pada mintakat Neritic dan hidup pada Zona Pasir sampai Zona Lamun. Bintang laut angular biasanya di temukan berada cela-cala karang, spons dan lamun, untuk menghindari predator.

2. Linckia Laevigata   Untuk Kelas Asteroidea dan spesies tersebar pada mintakat Neritic dan hidup pada zona Karang. Bentuk morfologinya lengannya lebih panjang dari pada jenis bintang laut lainnya dan berwarna bitu cerah. Untuk bertahan biasanya masuk kedalam cela-cela terumbu karang untuk menghindari predator.
3. Protoreaster Nodusus   Untuk Kelas Asteroidea dan spesies tersebar pada mintakat Neritic dan hidup pada Zona Lamun sampai Zona Karang. Dikatakan protoreaster nodusus karena durinya yang tumpul.
4. Protoreaster Spinosus  Untuk Kelas Asteroidea dan spesies tersebar pada mintakat Neritic dan hidup pada Zona Karang. Dikatakan spinosus karena memiliki duri yang runcing dan warnanya orengs cerah.
5. Culcita nova-guineae  Untuk Kelas Asteroidea dan spesies tersebar pada mintakat Neritic dan hidup pada Zona Karang. Tidak memiliki lengan dan bintang laut ini disebut juga bintang laut bantal.
6. Archaster thiphycus Untuk Kelas Asteroidea dan spesies tersebar pada mintakat Neritic dan hidup pada Zona Pasir. Jenis bintang laut ini permukaan tubuhnya menyerupai pasir dan memiliki duri (spina di tepi lengannya)
7. Deadema setosum  Untuk Kelas Echinoidea dan spesies tersebar pada mintakat Neritic dan hidup pada Zona lamun tetapi terkadang di temukan di daerah lamun juga. Memiliki duri yang panjang sebagai bentuk pertahanan dirinya dari predatornya.
8. Misphelia Globulus  Untuk Kelas Echinoidea dan spesies tersebar pada mintakat Neritic dan hidup pada Zona lamun. Memiliki warna yang hitam dan ukurannya kecil dari tripneustes gratilla.
9. Tripneutes gratilla  Untuk Kelas Echinoidea dan spesies tersebar pada mintakat Neritic dan hidup pada Zona lamun. Biaanya membungkus dirinya dengan daun lamun sebagai bentuk penyamaran dirinya.
10.Echinotrix calamaris  Untuk Kelas Echinoidea dan spesies tersebar pada mintakat Neritic dan hidup pada Zona Karang. Memiliki duri yang berbisa dan ukuranya besar seperti pensil serta memiliki tiga jenis duri.
11.Ecinometra mateii  Untuk Kelas Echinoidea dan spesies tersebar pada mintakat Neritic dan hidup pada Zona Karang. Bentuk tubuhnya lebih kecil dan memiliki duri yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar